Waktu : Selasa, 29 November 2011
Tempat : Ruang Aula Pasca Sarjana Lt. 3, Kampus B Universitas Airlangga Surabaya
Pukul : 08.00 s.d 15.00 WIB
Setiap anak adalah unik. Dilahirkan dengan potensi masing-masing. Di antara mereka ada yang memiliki potensi dan bakat di atas rata-rata. Mereka biasa disebut sebagai anak-anak cerdas istimewa (gifted children) atau berbakat istimewa (talented children). Mereka secara umum adalah sama dengan anak-anak pada umumnya, kecuali kemampuan mereka yang berada di atas rata-rata. Karena kemampuan mereka yang berada di atas rata-rata maka pendekatan dalam pengasuhan dan terutama pendidikan bagi mereka tentunya sedikit berbeda dibandingkan dengan anak-anak pada umumnya.
Tema-tema tentang keberbakatan (giftedness) memang mulai ramai bicarakan dalam satu dasawarsa terakhir terlebih dengan bantuan kemajuan teknologi dan internet yang pesat, hal ini banyak membawa dampak yang cukup baik terutama bagi praktisi, dokter, spesialis ataupun orangtua yang memiliki anak gifted. Meski demikian, ternyata masih banyak dari masyarakat kita, terutama orangtua dan guru yang belum memahami bahkan mungkin mengerti mengenai keberbakatan ini. Dan betapa masih sering pula kita temukan guru ataupun orangtua yang menganggap bahwa anak gifted (cerdas dan berbakat) sebagai sosok anak yang sempurna.
Tidak semua gifted demikian. Ada anak-anak Gifted yang mengalami disinkronitas perkembangan. Siapa mereka? Mereka adalah anak-anak gifted yang mempunyai masalah dalam perkembangan, perilaku, sosial emosional, prestasi rendah (underachiever), serta masalah yang berkaitan dengan gangguan belajar (learning disabilities). Dengan adanya model pendekatan baru terhadap anak-anak gifted ini, maka penanganan anak-anak gifted tidak hanya melulu kepada peningkatan bidang-bidang prestasi akademik atau keberbakatannya, namun juga semua aspek tumbuh kembang, gangguan neurologis (gifted plus atau yang mempunyai komorbiditas gangguan lain) yang berakibat pada gangguan pembelajaran, perilaku, emosi, sosialnya, serta menata lingkungan agar mampu mendukung tumbuh kembang dan pendidikannya. Tak jarang anak-anak gifted dengan disinkroni ini didiagnosa sebagai ADHD, Autis ataupun learning disabilities.
Lalu bagaimana kita bisa mendeteksi anak gifted dengan disinkroni ini? Bagaimana kemudian stimulasi agar bakatnya bisa maksimal? Bagaimana pula cara mengasuh mereka? Berangkat dari pertanyaan-pertanyaan itulah kami, sebagai salah satu lembaga terapan pendidikan yang juga menangani tentang keberbakatan, merancang sebuah kegiatan seminar dan pelatihan dengan tema besar “Deteksi dan Pengasuhan Anak-anak Berbakat dengan Disinkroni”. Dengan tujuan untuk mengedukasi dan memberikan keterampilan kepada masyarakat seputar masalah-masalah keberbakatan.
PEMATERI
Pembicara Utama sekaligus Trainer
Dr. drg. Julia Maria van Tiel, MS
– Pembina Milis anakberbakat@yahoogroups.com, Orangtua Anak Gifted Visual Spatial Learner, Penulis buku “Anakku Terlambat Berbicara”
Pembicara
Iwan W. Widayat, M.Psi., Psi.
– Psikolog Pendidikan Fakultas Psikologi Univ. Airlangga
Evy Tjahjono, S.Psi., M.G.E., Psikolog
– Psikolog dari Pusat Pengembangan Keberbakatan Universitas Surabaya.
INVESTASI
Mahasiswa (S1) — 75.000
Umum — 150.000
FASILITAS PESERTA
Snack and lunch, Seminar/Training kit dan Sertifikat
Pembayaran dapat dilakukan secara langsung ke kantor PTPP ataupun ke contact personkami. Dapat juga dilakukan melalui transfer ke Bank Mandiri (Kantor Kas Surabaya Unair) a.n.Herdina Indrijati, M.Psi. ; nomor rekening 141-00-1110679-6. Bukti transfer dikirim melalui:
Fax : (031) 5025910, dan/atau
Email : ptpp.unair@yahoo.com
CARA MENDAFTAR
SMS – Ketik Seminar/Pelatihan#NAMA#Email#No HP kirim ke contact person
Email – Emailkan Pilih Seminar atau Pelatihan, Nama, Email dan Nomor HP ke ptpp.unair@yahoo.com
Informasi Pendaftaran Hubungi Kami di
Kantor PTPP Fak. Psikologi Unair
Gedung Lama Fakultas Psikologi, Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6 Lt. 2 Surabaya
Contact Person
Ratna (08811622038; 031-91534465); Ana (085642085424)