Portal Dan Infrastruktur
Untuk melihat sebuah solusi portal kompetitif, kita telah membagi
berbagai macam komponen yang terkait dengan portal ke dalam
lapisan-lapisan jasa atau servis. Tipe dari kerangka ini memungkinkan
sebuah perusahaan merakit sebuah arsitektur yang solid untuk satu atau
banyak portal, dibandingkan bila menyandarkan pada pembuat portal
tunggal. Kerangka yang fleksibel dan terskala memungkinkan sebuah portal
perusahaan untuk menyusun sebuah gabungan teknologi baru perusahaan dan
fungsionalitas.
Perusahaan akan ingin mencampur dan memadukan jenis elemen yang
terbaik dari solusi portal dengan mempertimbangkan lapisan-lapisan jasa
atau pelayanan ini.
Lapisan ini adalah kerangka portal menguraikan antara presentasi isi suatu portal dengan pengguna akhir (
end user) dan menyajikannya ke dalam
web interface. Window browser utama mungkin disegmentasikan dalam frame untuk setiap aplikasi khusus atau
browser window baru dapat dibuat jika ada aplikasi baru yang diinginkan. Ini biasa dilakukan di HTML (
Hyper Text Markup Languange) , tapi juga bisa dilakukan di WML (
Wireless Markup Languange)
untuk peralatan wireless, atau banyak format lain di masa yang akan
datang. Karena sebuah portal adalah kumpulan dari jendela yang berbeda
(juga sering disebut sebagai
web service), pertanyaannya adalah dimana presentasi bekerja sampai selesai atau dia justru tidak memberikan solusi atas suatu masalah.
Pada banyak portal, masing-masing
portlet bisa membuat HTML yang dibutuhkan untuk
portlet tersebut, dan lalu server portal menggabungkan
portlet ini
dalam presentasi HTML akhir. Pada portal yang lain, masing-masing
portlet benar-benar merupakan Web servis, dimana mengubah XML dan
mengubah XSLT, dimana portal itu lalu mentransformasikan dalam format
presentasi akhir.
Sebuah portal adalah agregat satu atau lebih informasi. Jasa
informasi dapat dimengerti sebagai informasi yang penuh makna-dimana
dapat berasal dari sumber data terstruktur, sumber isi tak terstruktur
di dalam perusahaan, atau informasi eksternal yang tersedia dalam
web site publik atau pribadi. Informasi dapat berasal dari pihak ketiga (
third party)
dalam format sebuah web servis (seperti serikat dagang), atau dapat
disediakan dalam format dokumen. Pengguna akhir kemudian dapat
berlangganan (
subcribe) pada satu atau lebih jasa informasi dalam bagian basis pribadi sesuai pengaturan portal.
Sebuah kerangka portal yang kuat adalah portal yang memungkinkan jasa
infrastruktur berbagai level dimana menyediakan penggabungan
komprehensif dan platform terintegrasi. Ini termasuk servis berhubungan
untuk memunculkan keseimbangan, penimbunan bahan-bahan, ketersediaan dan
performansi yang tinggi yang disediakan oleh lingkungan web server,
sebagai hal yang mendasari infrastruktur keamanan. Infrastruktur
keamanan pada lapisan ini terdiri akses keamanan yang berhubungan dengan
isu (
firewall, VPN, dan sebagainya). Juga termasuk sinkronisasi
LDAP, penyatuan otentifikasi, login tunggal lintas-platform dan
otorisasi dari servis portal.
- Manajemen Identitas atau Jasa Sekuritas
Jasa identifikasi berhubungan dengan keamanan dalam level suatu portal pada tingkat
cross-aplikasi (lintas aplikasi). Ini termasuk juga jasa otentifikasi (username/manajemen password), sinkronisasi LDAP,
sign-on,
group, dan sebagainya).
Ini juga termasuk jasa otorisasi, dimana memetakan aturan, hak istimewa pengguna akhir (
user) dalam kebijakan untuk mengatur otorisasi disediakan dalam level ini, user dapat menset up/ mengatur keamanan
content service. Dalam arsitektur portal yang terintegrasi dengan baik,
front end dengan lapisan (Administrasi dan Content) akan mengkomunikasikan dalam sebuah dasar/basis, set independen dari servis keamanan.
- Servis Manajemen atau Adminstrasi
Servis manajemen atau administrasi sangat diperlukan oleh portal untuk kemudahan administrasi dan dukungan, mengijinkan “
power user“ (user yang berkuasa) untuk mengkonfigurasikan kerangka portal untuk komunitas
end user (user akhir). Dalam hal ini, organisasi IT dapat mengkonfigurasikan, mengatur dan mendukung environment (lingkungan).
Jasa adminstrasi ditawarkan melalui interface web (dalam banyak portal), dalam beberapa kasus ada
client atau
program server yang membuat administrasi menjadi mudah. Servis ini
termasuk manajemen taksonomi (pengklasifikasian), manajemen user,
manajemen konfigurasi, manajemen aturan, modul registrasi, dan servis
informasi.
- Akses dan Servis Integrasi
Sebuah solusi portal komprehensif akan menyediakan arsitektur untuk
mencoba aplikasi dan database back-end. Lapisan servis akses dan
integrasi menyediakan fungsionalitas baik kepada portal, maupun kepada
portlet individual.
Lapisan ini diikat dalam sebuah solusi EAI untuk memperoleh akses pada
pengalih back-end atau API. Lapisan servis integrasi dan akses yang
terformulasi dengan baik akan memungkinkan pembangunan adapter tambahan
untuk sistem yang baru dibutuhkan.
- Servis konten (Content servis)
Servis konten adalah bagian penting dari sebuah solusi portal
komprehensif. Servis konten merupakan kesepakatan dengan manajemen aset
digital yang tak terstruktur dalam portal. Secara umum ini termasuk
full text indexing engine (mesin penunjuk full teks), satu set
crawler (penelusur) yang memungkinkan navigasi dan penunjukan konten yang ada, gudang metadata, dan sebuah CMS (
Content Management Service) yang memungkinkan pendaftaran dan persetujuan isi (konten) ke dalam portal. Lapisan ini juga termasuk manajer taksonomi.
- Servis kolaborasi (kerjasama)
Servis kolaborasi memungkinkan end user (pengguna akhir) dari portal
untuk bekerja bersama secara lebih efektif dengan menyediakan ruang
kerja (
workspace) bersama, gudang dokumen bersama (shared documents repository), forum interaksi atau diskusi
real time.
Servis kolaborasi juga memungkinkan pendefinisian dan eksekusi dari
aliran kerja lintas perusahaan dan di luar perusahaan pada sumber isi
yang berbeda dan sistem
back-end.
- Servis pembangunan (Development service)
Servis pembangunan adalah sebuah lingkungan yang mengijinkan pembangunan portal secara
custom (sesuai selera), modul portal (
custom), atau
portlet. Sering kali
portlet diimplementasikan sebagai tingkatan dari
web service. Servis pembangunan memungkinkan kreasi dari modul ini, dengan menyediakan HTTP,
rendering, kustomisasi, dan servis XML yang terkait. Servis pembangunan juga menyertakan alat pendukung dan metodologi-metodologi.
- Servis aplikasi (Application services)
Servis aplikasi adalah servis yang dihasilkan melalui
engine portal atau asisten portal melalui
interface API (kadang dikenal sebagai
portlet atau
gadget) atau lapisan EAI. Servis aplikasi menyertakan
interface dan
integrasi pada paket software perusahaan seperti SAP dan Oracle ERP
solution, Siebel ERM solution, PeopleSoft HR Solution, dan i2 SCM
solution. Servis aplikasi juga menyediakan akses untuk sistem legasi
yang berbeda, manajemen konten, manajemen dokumen dan kolaborasi.
Komponen Fungsional Portal
Portal menyediakan kombinasi
“out of the box“ (di luar kotak)
dan pengaturan fungsionalitas sesuai keinginan yang memungkinkan user
untuk menemukan, mengatur, mengkategorikan, dan menggunakan isi dan
aplikasi-aplikasi. Walau tidak semua portal mempunyai feature
(keistimewaan) tersebut, hal ini menggambarkan pandangan tingkat tinggi
dari elemen-elemen yang bisa dibuat sebagai solusi portal.
Walau taksonomi dapat didefinisikan sebagai direktori isi (konten)
untuk sebuah informasi perusahaan yang tak terstruktur, ini bisa
dikelompokkan sesuai isi dan dipresentasikan kepada user dengan berbagai
cara. Baik substansi dan tingkah laku dari direktori yang ditetapkan
sebagai taksonomi untuk sebuah perusahaan.
Daftar bertakik, pohon klasifikasi dan hirarki adalah cara lain
menggambarkan struktur taksonomi, bagaimanapun jua, hal ini akan memberi
kita cara untuk mengorganisasikan isi ke
dalam struktur yang mudah di
browse oleh pengguna portal.
Direktori portal adalah organisasi dari isi dalam struktur dan hirarki kategori.
Direktori merupakan implementasi dari taksonomi (pengklasifikasian) portal perusahaan.
- Browse atau navigasi dokumen
Feature ini memungkinkan pengguna portal untuk mencari isi dengan menelusuri struktur direktori.
Bagian fundamental dari implementasi portal adalah kemampuannya mencari (
search),
dengan mengindeks atau merujuk isi perusahaan dari sistem penyimpanan
yang beraneka ragam dan memungkinkan pengguna untuk mencari dan
memperoleh isi didasarkan kriteria pilihan.
Pencarian melintasi banyak portal yang beraneka dan aplikasi
terintegrasi yang direferensikan sebagai “kumpulan“ atau pencarian
jaringan. Dalam skenario ini, pengguna dapat menspesifikasikan kriteria
pencarian sekali, tetapi memperoleh
links dari isi yang berkaitan dari bermacam-macam sumber data yang menjadi sasaran pencarian.
Manajemen isi adalah proses penciptaaan, kontribusi, pemunculan
kembali, persetujuan, publikasi, pengiriman, dan pemeliharaan konten
yang terintegrasi dengan melalui portal atau website lain. Manajemen isi
biasanya berbentuk teks dan grafis yang bisa dilihat dari web browser.
Manajemen dokumen sama dengan manajemen konten, meskipun ini
didasarkan pada kontrol dan manajemen dokumen perusahaan (berbeda dari
halaman web) yang disimpan dalam file elektronik, termasuk
image hasil
scan dari kertas dokumen. Ini juga termasuk pengecekan dokumen masuk dan keluar untuk memastikan kontrol versi.
Pengaturan yang didasarkan pada kemampuan portal untuk memungkinkan
penggunannya mengatur penampilan mereka sendiri (pada atribute
interface look – and – feel). Pengaturan umumnya mengakomodasikan penampilan dari pola warna, modul, dan lay out dari modul dan konten dari halaman portal.
Personalisasi portal dapat dilihat pada berbagai tingkatan. Setiap
pengguna dapat mempunyai setting untuk setiap fungsi portal yang dapat
mereka gunakan. Sebuah komunitas, atau kelompok pengguna, dapat
mempunyai setting tersendiri dan setting tersebut dapat diluncurkan ke
level organisasi. Portal menyediakan kerangka bagi penggunanya untuk
menyimpan setting dan menyesuaikan isinya seperti apa yang mereka ingin
lihat.
- Penemu ahli (Expert locator)
Dalam rangka menolong pengguna mencari informasi yang penting bagi
mereka, sebuah portal bisa sangat berguna dalam menemukan “ahli” dalam
suatu organisasi. Ini merupakan perluasan konsep dari pengetahuan
perusahaan untuk memasukkan orang dan keahliannya masing-masing. Dalam
beberapa kasus, keahlian
(skill) ini tercermin dari fungsi
pekerjaan dan tipe informasi yang mereka tangani. Dalam kasus yang lain
keahlian ini bersifat eksplisit.
Sebuah solusi
EIP (Enterprise Information Portals) dapat
menjadi alat kolaborasi yang sangat kuat. Fungsi kolaborasi memungkinkan
kelompok pengguna bekerja bersama untuk berbagi ide dan menyelesaikan
kerja sebagai tim. Kolaborasi menyertakan interaksi elektronik diantara
pengguna dalam lokasi fisik yang berbeda dalam waktu nyata (
real time) “
syncronous“ dan dalam waktu berbeda “
asyncronous“. Forum kolaborasi berupa pesan instan (
instan messaging) “
chat“, ruang kerja tim, dan forum diskusi,
sharing document, papan elektronik, konferensi
virtual, dan konferensi video.
Sebagian besar portal perusahaan dapat berfungsi sebagai
universal front-end untuk komponen yang berbeda dari solusi
business intelegence, membantu penggunanya membuat keputusan bisnis yang lebih baik. BI memasukkan pelaporan perusahaan, laporan
ad hoc (khusus), analisis OLAP dan multidimensi, dan laporan pengecualian.
Alerts adalah pemberitahuan adanya
event atau perubahan
yang didasarkan pada satu atau lebih kondisi yang melibatkan informasi
tunggal atau beragam atau sumber aplikasi. Pemberitahuan ini dapat
dikirim ke portal sebagai mekanisme lain seperti
email atau peralatan
wireless.
Alerts biasanya mengakomodasikan keinginan pengguna individual, diantaranya mekanisme pengiriman dan format, kondisi yang memicu
alerts, dan frekuensi pemberitahuan.
- Langganan/Apa berita terbaru?
Beberapa portal (dan webste lain dan aplikasi-aplikasi lain)
memungkinkan individual untuk mendaftar pada topik yang menarik atau
berlangganan “
subscribe” pada sebagian komponen atau berdasar
kategori isi (konten). Portal akan memberitahukan pelanggan ketika isi
berubah atau isi yang baru ditambahkan.
Aliran kerja didasarkan pada manajemen elektronik efisien dari proses bisnis, termasuk peranan, tugas,
template, penilaian, penyetujuan, dan prosedur kenaikan. Dalam portal, sistem
workflow ini
diselenggarakan dan dintegrasikan untuk meningkatkan interaksi antar
komponen modul portal yang berbeda yang melalui aliran proses bisnis.
Dalam hal ini, pemberitahuan mengingatkan bahwa tahapan atau tugas dari
workflow (aliran kerja) telah ditentukan sudah dikirim ke portal kepada penggunanya.
Kemampuan untuk melihat informasi dari berbagai macam sistem,
berbagai macam format, yang ditampilkan dalam satu halaman dengan
harapan memberikan manfaat besar pada komunitas pengguna portal. Hasil
ini secara signifikan akan mengurangi training dan orientasi pekerja,
sebagai penghematan waktu dari pengguna yang dapat memonitor dan
update beraneka ragam sistem melalui tampilan
web tunggal dari perusahaan. Semenjak sistem yang berbeda menyusun sebuah halaman portal bisa diamankan dengan
user login yang berbeda, solusi
single signon memfasilitasi navigasi diantara sistem dalam pola otentifikasi tunggal.
Macam Jenis
Hosting Service
1. Web Hosting
Web hosting atau lebih dikenal sebagai shared
hosting merupakan tempat penyimpanan website
agar website selalu online 24
jam. Oleh karena itu, web hosting dilengkapi dengan software pendukung seperti
Apache, PHP, CGI, Perl dan lainnya.biasanya Server Shared hosting dilengkapi
dengan kontrol panel cPanel untuk mempermudah pengelolaan website . Juga
terintegrasi didalamnya Fantastico Deluxe yang merupakan Addon untuk
autoinstaller script seperti Joomla, PHPBB, dan lain-lain. Shared hosting
biasanya juga dilengkapi dengan RV Site Builder, sebuah software yang mampu
membangun web instan dengan cepat dan mudah.
2. FTP Hosting
FTP Hosting merupakan layanan spesial bagi yang membutuhkan penyimpanan data secara aman
melalui protokol FTP. FTP hosting biasa digunakan untuk backup data, atau
sekedar berkirim file antar perusahaan atau antar perusahaan dan clientnya.
3. Email Hosting
Email
hosting ditujukan untuk konsumen perusahaan dimana perusahaan tersebut bisa
mengirim/menerima email dengan domain nama perusahaan tersebut. Ini sangat
penting untuk menambah citra perusahaan. Layanan email hosting biasanya
dilengkapi dengan Fitur POP3/SMTP, Webmail, Push Mail serta pengelolaan
management email yang mudah melalui kontrol panel cPanel.
4.Blog Hosting
Paket Hosting untuk para blogger, biasanya sudah
dilengkapi dengan domain gratis dan fitur-fitur hosting lainnya serta scripts
wordpress.
5.Reseller Hosting
Private label Reseller ini diperuntukan bagi yang
ingin memulai bisnis penjualan hosting.
Keuntungan memiliki Reseller Hosting adalah :
Harga dapat
di set sendiri, sehingga keuntungan sepenuhnya milik pengguna
- Sangat mudah
mengatur paket-paket web untuk client
- Private Name
Server, kita akan memiliki Name Server sendiri
- seperti NS1.DOMAINANDA.COM dan NS2.DOMAINANDA.COM
Hosting
service provider di Indonesia:
1. MasterWebNet.com
Jasa Layanan : Register domain name,
web hosting, VPS, Server SSL Certificate
Kelebihan : Dikelola oleh Perseroan
Terbatas sehingga lebih profesional
Kekurangan : Harga cukup mahal bagi pasar dalam
negeri, pelayanan kurang cepat dalam menghadapi complain pelanggan
2. Idwebhost.com
Jasa Layanan : Web hosting, Domain
Kelebihan : Server uptime yang selalu
stabil, support online yang ramah
Kekurangan :
Segi manajemen per klien kurang (penataan file di cpanel), kurangnya info
mengenai paket hosting sehingga pelanggan sering bingung, adanya pembatasan
kontrak minimum dalam menyewa paket hosting
3. RumahWeb.com
Jasa Layanan : Web hosting, VPS, Domain Registration
Kelebihan : Layanan pelanggan bagus,
server stabil dan cepat
Kekurangan : Biayanya cukup tinggi